EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 01 BRUNO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Faizah, Anisatul (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 01 BRUNO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/ 2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini yang telah dilakukan adalah 1). Untuk mengetahui keefektifan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Bruno Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022 2). Untuk mengetahui keefektifan model problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Bruno Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022 3). Untuk mengetahui perbandingan model problem based learning dan problem solving terhadap efektivitas kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Bruno Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Desighn. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Bruno dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut, sampel yang diambil pada penelitian ini ada 3 kelas yaitu 24 siswa kealas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model problem based learning dan 24 siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan 24 siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvesional. Instrumen digunakan dalam penelitian ini adalah soal, angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji prasyarat yaitu menggunakan uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova ( one way anova) dan uji komparasi ganda. Berdasarkan hasil uji efektivitas diperoleh hasil bahwa: 1) Rata-rata kelas eksperimen 1 (problem based learning) sebesar 80,42, 2) Rata-rata kelas eksperimen 2 (problem solving) sebesar 69,58, 3) Rata-rata kelas kontrol (konvesional) sebesar 57,50. Berdasarkan hasil uji efektivitas dapat disimpulkan bahwa: 1) model problem based learning lebih efektif dari pada model pembelajaran konvesional, 2) model pembelajaran problem solving lebih efektif dari pada model pembelajaran konvesional, 3) model problem based learning lebih efektif dari pada model problem solving.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2022 03:51
Last Modified: 03 Dec 2022 03:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15433

Actions (login required)

View Item View Item