Efektivitas Penggunaan Langkah-langkah Computational Thinking Dalam Soal Cerita Himpunan Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Kelas VII Di SMP Nida Al Quran, Tegalsari, Kedu, Temanggung

KHOIRIYYAH, HIMMATUL (2022) Efektivitas Penggunaan Langkah-langkah Computational Thinking Dalam Soal Cerita Himpunan Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Kelas VII Di SMP Nida Al Quran, Tegalsari, Kedu, Temanggung. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi_HIMMATUL KHOIRIYYAH 23070180066.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Khoiriyyah, Himmatul. 2022 . Efektivitas Penggunaan LangkahLangkah Computational Thinking Dalam Soal Cerita Himpunan Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Peserta Didik Kelas VII Di SMP Nida Al Quran, Tegalsari, Kedu, Temanggung. Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah d Skripsi , Salatiga : an Ilmu Keguruan Juru san Institut Agama Islam Negeri Salatiga . Pembimbing : Saiful Marom , M . Sc. Kata Kunci : Efektivitas, Computational Thinking, Berfikir Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas penggunaan langkahlangkah computational thinking dalam soal cerita himpunan terhadap kemampuan berfikir matematis SMP Nida Al-Quran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi .Teknik pengambilan sampel mengunakan Cluster Random Sampling, yang mana sampelnya adalah peserta didik kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIB sebagai kelas eksperimen di SMP Nida Al-Quran sebanyak 68 peserta didik. Dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas , uji independen sample t- test dan uji N-gain peneliti menarik kesimpulan dari analisis pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini penggunaan langkah-langkah computational thinking dalam soal cerita himpunan terhadap kemampuan berfikir matematis siswa antara kelas eksperimen dan control terdapat perbedaan sesuai data pada uji independent-tes dengan hasil .Signya 4,718 dan 4,724. Dan untuk nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen sebesar kelas eksperimen 56,9% dan nilai gain kelas kontrol 33,33% sehingga dapat disimpulkan langkah-langkah Computational thinking cukup berpengaruh terhadap kemampuan berfikir matematis siswa kelas VII di SMP Nida AlQuranTegalsari,Kedu,Temanggung.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 15:22
Last Modified: 22 Dec 2022 13:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

View Item View Item