Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Drama Melalui Strategi Pembelajaran Role-Playing Pada Kelas V SDN Windusari 2, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016

Purwanti, Luluk (2016) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Drama Melalui Strategi Pembelajaran Role-Playing Pada Kelas V SDN Windusari 2, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI LULUK P FIX pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia pada umumnya membutuhkan kemampuan siswa untuk menghafal materi pelajaran, sehingga penggunaan strategi pembelajaran yang tepat perlu untuk dikembangkan dan dilakukan dengan sebaik mungkin agar tercapai tujuan dengan maksimal. Namun masih ada guru yang mengajar secara monoton. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan cenderung pasif dalam pembelajaran akibatnya hasil belajar Bahasa Indonesia rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan strategi pembelajaran Role-playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi drama pada siswa kelas V SDN Windusari 2, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berupa hasil tes dan metode penelitian kualitatif yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Role-playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Drama pada siswa kelas V SDN Windusari 2, Kecamatan Windusri, Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 73,46% menjadi 74,85% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,67%. Jadi dari prasiklus ke siklus II nilai rata-rata hasil belajar naik sebesar 16,21%. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari prasiklus ke siklus I atau sebesar 10,71 % dan pada siklus I ke siklus II atau sebesar 42,86%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2017 04:33
Last Modified: 13 Apr 2017 04:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item