PENGARUH KOMUNIKASI, PENANGANAN KELUHAN, DAN KOMITMEN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus BPRS Suriyah KC Kudus)

Kotijah, Siti (2022) PENGARUH KOMUNIKASI, PENANGANAN KELUHAN, DAN KOMITMEN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus BPRS Suriyah KC Kudus). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Siti Kotijah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi, penanganan keluhan, dan komitmen nasabah terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Data yang digunakan yaitu data primer dengan menggunakan cara menyebar kuesioner terhadap 100 responden nasabah BPRS Suriyah KC Kudus. Kemudian data penelitian ini diolah menggunakan analisis regresi berganda yang bertujuan guna mengetahui menganalisis dari pengaruh variabel komunikasi, penanganan keluhan, komitmen nasabah baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah. Hasil dari penelitian ini menunjukan komitmen nasabah berpengaruh signifikan. Akan tetapi komunikasi dan penanganan keluhan belum bisa berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Variabel kepuasan juga dapat memediasi pengaruh komitmen nasabah terhadap loyalitas. Sedangkan kepuasan tidak dapat memediasi pengaruh komunikasi dan penanganan keluhan terhadap loyalitas. Untuk itu BPRS Suriyah KC Kudus perlu meningkatkan dan memperbaiki tingkat komunikasi serta penanganan keluhan terhadap nasabahnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 18:06
Last Modified: 06 Dec 2022 11:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15455

Actions (login required)

View Item View Item