PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV DI MI ARROSYAD BERGASLOR SEMESTER 1 TAAHUNN PELAJARAN 2021/2022

Syafitri, Diyah Ayu Nur (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV DI MI ARROSYAD BERGASLOR SEMESTER 1 TAAHUNN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Diyah Ayu Nur Syafitri 23040180138.pdf

Download (6MB)

Abstract

Syafitri,Diyah Ayu Nur.2022. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Turnament (TGT) Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV Semester I Di MI Arrosyad Bergaslor Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Sutrisna,. M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Team Games Turnament (TGT), dengan Media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Team Games Turnament (TGT) dengan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Datar bagi siswakelas IV MI Arrosyad Bergaslor semester I tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Arrosyad Bergaslor. Dengan jumlah 37 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secarastatistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Team Games Turnament (TGT) dengan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar belajar matematika materi Bangun Datar siswa kelas IV MI Arrosyad Bergaslor tahun pelajaran 2021/2022. Peningkatan hasil belajar pada pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 27,02%, pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 50,59% pelaksanaan pembelajaran pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah siswa keseluruhan, maka penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Dari 37 siswa, pada pra siklus terdapat 4 siswa tuntas KKM (10,81%), sedangkan siswa yang belum tuntas 33 siswa (89,18%). Pada siklus I mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 14 siswa (37,83%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 23 siswa (62,16%). Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang signifikan yaitu siswa yang sudah mencapai kriteria katuntasan klasikal berjumlah 33 siswa (89,18%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa (10,81%). Siswa yang tidak tuntas belajarpada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa pengayaan dan remidi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 20:40
Last Modified: 06 Dec 2022 14:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15459

Actions (login required)

View Item View Item