IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MINAT BACA SISWA KELAS II SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI MA’ARIF PULUTAN KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

WIJIYANI, ANA (2022) IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MINAT BACA SISWA KELAS II SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI MA’ARIF PULUTAN KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NASKAH SKRIPSI IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MINAT BACA SISWA KELAS II.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran blended learning di MI Ma’arif Pulutan selama masa pandemi covid-19. Bagaimana gambaran minat baca pada siswa kelas II di madrasah tersebut selama pandemi covid-19. Serta untuk mengetahui bagaimana implikasi model pembelajaran blended learning terhadap minat membaca siswa kelas II MI Ma’arif Pulutan pada masa pandemi covid-19 di Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, siswa kelas II, dan orang tua siswa di MI Ma’arif Pulutan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data yang digunakan oleh Miles dan Huberman meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangluasi sumber. Adapun hasil temuan penelitian ini, yaitu: 1) Pelaksanaan model pembelajaran blended learning selama masa pandemi covid-19 dilakukan melalui live event, self-paced Learning, collaboration, assessment dan performance support materials. 2) Gambaran minat baca siswa kelas II selama pandemi covid-19 mengalami penurunan. Seluruh aspek mengenai minat baca mengalami penurunan selama pandemi covid-19. 3) Implikasi model pembelajaran blended learning pada minat baca siswa kelas II selama masa pandemi covid-19 berimplikasi pada aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor siswa pada minat baca siswa kelas II. Hal tersebut dapat meningkatkan minat baca siswa selama masa pandemi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2022 18:44
Last Modified: 09 Dec 2022 11:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item View Item