PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM, MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PENGRAJIN BATU BATA DENGAN LAMA USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Pengrajin Batu Bata Desa Karanglegi Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati)

Hidayat, M. Falih Nur (2022) PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM, MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PENGRAJIN BATU BATA DENGAN LAMA USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Pengrajin Batu Bata Desa Karanglegi Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati). [UNSPECIFIED]

[img] Text
M. FALIH NUR HIDAYAT-(63020180135)-Ekonomi Syariah-S1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etika bisnis islam, modal dan tenaga kerja terhadap pendapatan pengrajin batu-bata dengan lama usaha sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat desa Karanglegi yang memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin batu-bata. Sampel yang digunakan sebanyak 76 responden dengan teknik non-probability saampling. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi (R2), uji F, uji T dan uji moderated regression analysis. Hasil uji F menyatakan bahwa secara bersama-sama variabel etika bisnis islam, modal dan tenaga kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan. berdasarkan hasil uji T variabel etika bisnis islam dan modal tidak memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap pendapatan sedangkan variabel tenaga kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan. dan pada uji MRA variabel lama usaha mampu memoderasi pengaruh variabel etika bisnis islam terhadap pendapatan tetapi tidak untuk variabel modal dan tenaga kerja.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2022 20:45
Last Modified: 12 Dec 2022 16:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item