EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

asrofi, Ahmad (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AHMAD ASROFI_23070180004 19 .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Asrofi, Ahmad. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Pada Materi Segiempat dan Segitiga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Al-Bidayah Candi Bandungan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Problem Posing; Post Solution; Hasil Belajar; Segiempat dan Segitiga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Pada Materi Segiempat dan Segitiga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Al-Bidayah Candi Bandungan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan yaitu quasi experimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi meliputi semua kelas VII dengan sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik Cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan tiga uji yaitu uji one sampel t test, independent sampel t test dan N-gain. Hasil uji one sampel t test menunjukkan nilai t hitung (1,336) dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 0,05 adalah 2,179 sehingga diperoleh -2,179 ≤ 1,336 ≤ 2,179. Karena t hitung berada pada penerimaan H0 maka benar jika hasil belajar mencapai KKM sebesar 70 dapat diterima. Hasil uji independent sampel t test menunjukkan nilai t hitung 6,657 > t tabel 1,708 pada taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N – gain menunjukan nilai rata- rata pada kelas eksperimen N – gain adalah 0,48. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil rata-rata pada kelas eksperimen dengan kategori sedang. Dari ketiga uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe post solution efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2022 21:43
Last Modified: 12 Dec 2022 21:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item