PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MATERI IDE POKOK DENGAN MENERAPKAN MODEL GRETCHEN DAN MEDIA KARTU PARAGRAF PADA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nuswantoro, Galang (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MATERI IDE POKOK DENGAN MENERAPKAN MODEL GRETCHEN DAN MEDIA KARTU PARAGRAF PADA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
GALANG NUSWANTORO 23040180104.pdf

Download (4MB)

Abstract

Galang Nuswantoro. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Subtema Manusia dan Lingkungan Materi Ide Pokok Menerapkan Model Gretchen dan Kartu Paragraf pada Kelas V MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Imam Mas Arum, S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci : Hasil belajar bahasa indonesia ide pokok, model gretchen dan kartu paragraf. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia subtema manusia dan lingkungan materi ide pokok pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah model gretchen dan kartu paragraf dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi ide pokok pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Lopait? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mengetahui penerapan model gretchen dan kartu paragraf dalam peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi ide pokok pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Lopait. Dari analisis data didapatkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia materi ide pokok pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, yaitu kondisi awal hasil belajar siswa rata-rata kelas 62; pada siklus I dapat ditingkatkan rata-rata kelas menjadi 68,61; dan pada siklus II rata-rata mencapai 76. Penerapan model gretchen dan kartu paragraf mempunyai pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia ide pokok pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Lopait, yaitu dengan hasil siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 11 siswa atau 62% dari 18 siswa. Pada siklus II sebanyak 16 siswa dari 18 siswa atau 90%

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:39
Last Modified: 21 Dec 2022 10:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item