PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 1 MUSUK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

h, Dya Umi Nur (2022) PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 1 MUSUK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayah, Dyah Umi Nur. 2021. 11114029. Pembinaan Akhlakul Karimah Dan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP N 1 Musuk Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan . Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Akhlakul Karimah, Kemandirian Belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlakul karimah dan kemandirian belajar siswa di SMP N 1 Musuk, dan hambatan serta solusi dalam pembinaan akhlakul karimah dan kemandirian belajar siswa di SMP N 1 Musuk kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2021/2022. Jenis Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara Kepala Sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan siswa. Sumber sekunder berupa dokumen SMP N 1 Musuk baik berupa foto maupun tulisan yang berkaitan dengan sejarah sekolah, peraturan sekolah, foto kegiatan sekolah, struktur organisasi, prestasi yang telah dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Pembinaan aklakul karimah dan kemandirian belajar siswa di SMP N 1 Musuk yang diterapkan berupa penanaman jiwa religius siswa. Penumbuhan jiwa religius ini dilakukan dengan berbagai kegiatan keagamaan yang meliputi penyampaian ceramah keagamaan dan seruan untuk menerapkan ibadah wajib maupun sunnah pada siswa. Selain itu, Guru sebagai pendidik dan siswa bekerja sama dalam memonitor, meregulasi, mengontrol aspek kognisi, dan memberika motivasi kepada peserta didik agar dapat mandiri dalam belajar. Kedua, kendala yang dihadapi yaitu kegiatan belajar daring kurang efektif, tidak terkontrolnya pembinaan akhlak siswa, dan kurangnya jangkauan sinyal yang bagus. Adapun solu sinyal yaitu kegiatan belajar dilakukan luring, Guru harus memahami kondisi siswa, dan siswa yang terkendala jangkauan sinyal untuk di berikan pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2022 19:41
Last Modified: 16 Dec 2022 19:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item View Item