PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS DI INDONESIA DENGAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI KENTENG KEC. BANDUNGAN KAB. SEMARANG TAHUN 2022/2023

selawati, Nika agista (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK GEOGRAFIS DI INDONESIA DENGAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI KENTENG KEC. BANDUNGAN KAB. SEMARANG TAHUN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NIKASKRIPSIJILID_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPS materi Karakteristik Geografis di Indonesia tema 1 Subtema 2 melalui pembelajaran Creative Problem Solving dan Mind Mapping pada kelas V MI Kenteng Kec. Bandungan Kab. Semarang tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu 1)perencanaan (Planning), 2) Pelaksanaan tindakan (Acting), 3) pengamatan (Observing), dan 4) refleksi (Reflecting) melalui metode Creative Problem Solving dan Mind Mapping. Instrumen penelitian ini meliputi RPP, lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa, dokumentasi dan tes tertulis. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Creative Problem Soving dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V di MI Kenteng Kec. Bandungan Kab. Semarang yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan data setiap siklusnya, hasil dari Pra Siklus, Siklus I sampai dengan Siklus II dijabarkan sebagai berikut : Hasil siswa yang tuntas dari Pra Siklus hanya 8 siswa (34,7%) dan 15 siswa (65,2%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 59,1. Pada Siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 17 siswa (73,9%) belum tuntas 6 siswa(26,0%) dengan nilai rata-rata kelas 69,5% . sedangkan pada Siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 21 siswa (91,3%) dan belum tuntas hanya 2 siswa (8,6%) degan nilai rata-rata kelas 76,9. Siswa yang belum tuntas tersebut dikarenakan kurang memperhatikan penjelasan dari guru dan kurang antusias dalam menggunakan metode Creative Problem Solving dan Mind Mapping. Siswa yang belum tuntas akan diberi arahan oleh guru dan diberikan motivasi belajar agar memperoleh hasil yang memuaskan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2022 21:03
Last Modified: 16 Dec 2022 21:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item