PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS KEGIATAN EKONOMI MASYARAT INDONESIA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA DISPLAY PADA KELAS V DI MI MA'ARIF GLOBAL BLOTONGAN TAHUN 2022

palupy, Tri indah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS KEGIATAN EKONOMI MASYARAT INDONESIA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA DISPLAY PADA KELAS V DI MI MA'ARIF GLOBAL BLOTONGAN TAHUN 2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI TRI INDAH PALUPY NIM 23040180122.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Palupy, Tri Indah. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia dengan Metode Group Investigation Berbantu Media Display pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif Global Blotongan Kota Salatiga Tahun 2022. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Group Investigation, Media Display. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dengan metode Group Investigation berbantu media display pada siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi melalui metode group investigation berbantu media display. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi guru dan siswa, RPP, tes tertulis, lembar tes, wawancara. Analisis data statistik ini menggunakan rumus presentase apabila ≥85% siswa tuntas belajar, maka siklus akan berhenti. Hasilnya menunjukkan bahwa metode group investigation berbantu media display dapat meningkatkan hasil belajar jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia pada siswa kelas V MI Ma’arif Global Blotongan yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan data setiap siklusnya, hasil dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II. Data berikut diperoleh sebagai berikut : Hasil belajar siswa yang tuntas dari pra siklus hanya 10 siswa (38,46%) dan 16 siswa (61,53%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 62,11. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 15 siswa (57,69%) dan 11 siswa (42,30%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 68,07. Pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan hasil belajar sebanyak 19,23%. Sedangkan hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 23 siswa (88,46%) yang tuntas dan 3 siswa (11,53%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 79,61. Siswa yang belum tuntas tersebut dikarenakan belum dapat percaya diri, tidak disiplin saat pembelajaran berlangsung, masih sulit untuk menangkap materi pembelajaran, dan saat diberikan soal evaluasi mengerjakannya terburu-buru. Hasil belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 30,77%

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2022 00:39
Last Modified: 17 Dec 2022 00:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item