STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 1 MI NURUL HIKMAH 02 KRAJAN KEDUNGRINGIN SURUH TAHUN 2022/2023

fitriyana, Rohmah (2022) STRATEGI GURU DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 1 MI NURUL HIKMAH 02 KRAJAN KEDUNGRINGIN SURUH TAHUN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ROHMAH FITRIYANA (23040180030) TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas 1 MI Nurul Hikmah 02 tahun 2022/2023; 2) mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas 1 MI Nurul Hikmah 02 tahun 2022/2023; 3) apa saja faktor-faktor penghambat strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas 1 MI Nurul Hikmah 02 tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, pnyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Strategi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas 1 MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 langkah pertama guru menyadarkan pada siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri selain itu guru menggunakan bantuan media. Untuk merangsang berpikir kritis siswa guru menggunakan media kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban Seperti pada mata pelajaran matematika siswa di beri soal penjumlahan dan pengurangan lalu guru juga menggunakan media gambar pada materi IPA. Guru juga menerapkan metode Make a Match (2) Faktor pendukung diantaranya adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, sarana dan prasarana yang lengkap dan juga penggunaan media yang tepat. (3) Adapun faktor penghambatnya adalah kondisi kelas yang tidak kondusif karena siswa kelas 1 masih cenderung senang bermain-main sendiri. Juga membutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan metode yang tepat.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2022 01:21
Last Modified: 17 Dec 2022 01:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15555

Actions (login required)

View Item View Item