Analisis Tingkat Kognitif Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Mata Pelajaran Matematika Kelas X MA Sunniyyah Selo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

NA'IMAH, NURUL (2022) Analisis Tingkat Kognitif Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Mata Pelajaran Matematika Kelas X MA Sunniyyah Selo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Nurul Naimah 23070180072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Na’imah, Nurul. 2022. Analisis Tingkat Kognitf Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Mata PelPelajaran Matematika Kelas X MA Sunniyyah Selo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Taksonomi Bloom Revisi, Dimensi Proses, Dimensi Pengetahuan, Penilaian Akhir Semester. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui distribusi dan persentase tingkat kognitif soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil mata pelajaran matematika kelas X di MA Sunniyyah Selo berdasarkan Taksonomi Bloom revisi yang digunakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Dimana penelitian ini mengukur soal dalam dua dimensi, yaitu dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian analisis dokumen dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen soal-soal Penilaian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran Matematika kelas x MA Sunniyyah Selo Tahun Pelajaran 2021/2022. Data diperoleh dengan metode dokumentasi yang diperoleh dari seorang guru mata pelajaran Matematika di Madrasah tersebut. Data dianalisis kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik peer review/peer examination oleh seorang dosen ahli pendidikan matematiika. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah distribusi tingkat kognitif soal dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada soal PAS Ganjil matematika kelas X MA Sunniyyah Selo pada tingkat C1.B sebanyak 2,5% (1 butir soal); C2.B sebanyak 12,5% (5 butir soal); C3.B sebanyak 35% (14 butir soal); C3.C sebanyak 47,5,5% (19 butir soal); C5.C sebanyak 2,5% (1 butir soal). Soal tersebut tidak memuat dimensi proses kognitif pada level C4 (menganalisi), dan C6 (mencipta) serta dimensi pengetahuan pada level A (faktual) dan D (metakognitf).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2022 15:50
Last Modified: 16 Mar 2023 14:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item