Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi COVID 19 Di Desa Terpencil

Himmatuzzakiyya, (2022) Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi COVID 19 Di Desa Terpencil. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis siap cetak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orang tua dalam mendampingi anak Belajar Dari Rumah (BDR) di daerah terpencil beserta faktor penghambat yang menyertainya dan kekhawatiran orang tua jika BDR terus berlanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berbentuk deskriptif yang dilakukan di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 dengan yang didasarkan pada karakteristik berupa tempat tinggal, rentang usia, dan latar belakang pendidikan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua di masa pandemi covid-19 dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari membantu anak mengatasi kesulitan belajar, menyiapkan fasilitas yang digunakan untuk belajar, menciptakan kreativitas bersama anak, memberikan motivasi untuk semangat belajar, dan memberikan pengawasan terhadap penggunaan smartphone. Hambatan dalam mendampingi anak Belajar Dari Rumah (BDR) berkaitan dengan koneksi internet yang tidak stabil, kesulitan menyampaikan materi, kesulitan mengkondisikan anak, kesulitan membagi waktu antara bekerja dengan mendampingi anak belajar. Hambatan yang dialami orang tua menimbulkan kekhawatiran terhadap masa depan anak, prestasi belajar yang semakin menurun, dan kehilangan kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya. Implikasi dari temuan itu adalah orang tua perlu meminta pendampingan dan bantuan ke guru ataupun tenaga pendidik untuk mengurangi hambatan yang dialaminya. Melalui pendampingan diharapkan orang tua siap dalam mendampingi anak Belajar Dari Rumah (BDR). Kata Kunci: Peran Orang Tua, Belajar Dari Rumah (BDR)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2022 15:22
Last Modified: 20 Dec 2022 08:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item View Item