PEMBELAJARAN INTEGRATIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN CINTA DAMAI PADA SISWA KELAS IX DI MTs. TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK

MUSLIKIN, (2022) PEMBELAJARAN INTEGRATIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN CINTA DAMAI PADA SISWA KELAS IX DI MTs. TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
OKOK TESIS MUSLIKIN PENJILIDAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muslikin. 2022. Pembelajaran Integratif Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk Karakter Cinta Tanah Air dan Cinta Damai Pada Siswa Kelas IX di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa desain, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran integratif mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk karakter cinta tanah air dan cinta damai pada siswa kelas IX di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif naturalistic melalui participant observation. Responden dalam penelitian ini, meliputi: Kepala Madrasah, Wa.Ka. Kurikulum, Guru SKI, dan beberapa siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data dan menyajikan data-data yang diperoleh dengan deskripsi singkat kegiatan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Desain pembelajaran integratif guna membentuk karakter cinta tanah air dan cinta damai pada siswa kelas IX di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak, disusun dengan memuat penguatan pendidikan karakter (PPK), kegiatan literasi, higher order thinking skills (HOTS), dan 4C (critical thinking, collaboration, communication, dan creativity); 2) Pelaksanaan pembelajaran integratif mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk karakter cinta tanah air dan cinta damai meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran integratif dalam membentuk karakter cinta tanah air menggunakan integrasi metode brainstorming dengan diskusi, sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran integratif dalam membentuk karakter cinta damai menggunakan integrasi metode Numbered head together (NHT) dengan cooperative script; 3) Penilaian hasil pembelajaran integratif mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk karakter cinta tanah air dan cinta damai pada siswa kelas IX di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak mencakup pada tiga ranah yang meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Kata Kunci: Pembelajaran Intergratif, Karakter Cinta Tanah Air, Karakter Cinta Damai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2022 19:06
Last Modified: 21 Dec 2022 19:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item