PERGESERAN ETIKA MASYARAKAT DI DESA CANDISARI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG (PERSPEKTIF TEORI PERUBAHAN SOSIAL)

zuhriyah, Aminanta (2022) PERGESERAN ETIKA MASYARAKAT DI DESA CANDISARI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG (PERSPEKTIF TEORI PERUBAHAN SOSIAL). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Bismillah revisi selesai (Repaired) fix.docx.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etika masyarakat menjadi salah satu nilai etika yang harus di jaga agar tercipta keharmonisan. Akan tetapi hal terebut sudah diindahkan dan megalami kemerosotan. Pergeseran etika masyarakat yang terjadi di Desa Candisari menjadi latar belakang penelitian ini dilaksanakan. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pergeseran etika masyarakat Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang terjadi dan untuk menganalisis faktor yang melatarbelakangi pergeseran etika masyarakat Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan literatur, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sepuluh orang sampel yaitu kepala desa Candisari, ketua remaja, ketua RW, ketua RT, dua tokoh agama, dan empat masyarakat desa Candisari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Candisari telah mengalami pergeseran etika yang meliputi berkurangnya norma kesopanan, munculnya sikap tidak peduli, berkurangnya penggunaan bahasa jawa halus, penggunaan pakaian yang kurang sesuai, serta peggunaan cat rambut dan tato, Faktor yang melatarbelakangi pergeseran etika masyarakat desa Candisari kabupaten Windusari kabupaten Magelang adalah pergaulan antar individu, perkembangan media sosial, pendidikan yang minim,kurang tertanamnya nilai religious, kurangnya kontrol orang tua dan kurangnya kontrol sosial masyarakat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:55
Last Modified: 21 Dec 2022 20:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15597

Actions (login required)

View Item View Item