FENOMENA KETAHANAN KELUARGA TKI PERSPEKTIF UU NO. 52 TAHUN 2009 DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang)

INDRIANI, ELSA SAFITRI (2022) FENOMENA KETAHANAN KELUARGA TKI PERSPEKTIF UU NO. 52 TAHUN 2009 DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ELSA CETAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indriani, Elsa Safitri. 2022, Fenomena Ketahanan Keluarga TKI Perspektif UU No. 52 tahun 2009 dan Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang). Skripsi. Fakultas Syari’ah. Hukum Keluarga Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Muhtamiroh, M.SI. Kata Kunci: Ketahanan Keluarga, UU No. 52 tahun 2009 , TKI, Hukum Islam Menjadi TKI yang bekerja di Luar Negeri dengan pendapatan yang lebih untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga memang sangat membanggakan, akan tetapi pasti banyak juga masalah (problem) yang akan dihadapi seperti ketahanan keluarga TKI di Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang terlebih jika ditinjau oleh UU No. 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan ditijau dengan Hukum Islam. Penelitian ini untuk mengetahui ketahanan keluarga TKI di Desa Citrosono dan untuk mengetahui fenomena ketahanan keluarga TKI perspektif UU No. 52 Tahun 2009 dan Hukum Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis sosiologis. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer yang diperoleh dari data para TKI Desa Citrosono yang ada, diambil beberapa sampel untuk dijadikan sumber data dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen resmi, buku-buku yang berkaitan dengan obyek penelitian, hasil penelitian dalam bentuk foto, laporan, skripsi, tesis, dan peraturan perundang-undangan. Analisis data menggunakan metode deskripsi kualitatif yaitu menggambarkan seluruh aspek pada penelitian yang ada. Hasil dari penelitian ini yaitu, Ketahanan keluarga yang dimiliki pada setiap keluarga TKI di Desa Citrosono, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang sangat beragam yang dipengaruhi oleh kondisi keluarga masing-masing. Meskipun aspek ketahanan keluarga mereka berbeda satu dengan yang lain hal tersebut tidaklah memberikan dampak penurunan ketahanan keluarga. Mereka mampu mempertahankan keutuhan keluarganya. Namun, ketahanan keluarga TKI di Desa Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang jika ditinjau dalam UU No. 52 Tahun 2009 dan Hukum Islam masih belum terpenuhi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:30
Last Modified: 21 Dec 2022 21:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15598

Actions (login required)

View Item View Item