Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Teori APOS Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2022/2023

VIA, SILVA LEVI (2022) Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Teori APOS Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SILVA LEVI VIA_23070180039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam memahami konsep matematika dengan menggunakan Teori APOS pada materi pola bilangan dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dalam memahami konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Tuntang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII G yang berjumlah 34 siswa yang diberikan soal tes tertulis. Hasil soal tes kemudian diklasifikasikan menjadi tiga kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. dan kemudian setiap kategori diambil masing-masing dua orang untuk dilakukan wawancara. berdasarkan hasil tes tertulis, menunjukkan bahwa siswa kategori tinggi dapat menyelesaikan tahap Aksi, Proses dan Objek. Siswa kategori sedang dapat menyelesaikan tahap Aksi dan Proses. Siswa kategori rendah hampir semua tahapan tidak dapat diselesaikan. Menurut hasil wawancara tahap yang tidak dapat diselesaikan karena siswa mengalami kesulitan dalam memilih konsep yang digunakan dan tidak memahami pertanyaan dari soal sehingga masalah tidak dapat diselesaikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2022 17:01
Last Modified: 22 Dec 2022 10:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item