PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING (CT) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 1 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

afif, Muhammad (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING (CT) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 1 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD AFIF_23070180048_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel berbasis Computational Thinking (CT) yang valid dan efektif terhadap kemampuan Problem Solving peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan menggunakan desain model pengembangan milik Plomp dimana proses pengembangan melalui tiga tahap diantaranya Preliminary Research, Prototyping Phase, Assesment Phase. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2021/2022, Kelas VIII B diperoleh dan digunakan sebagai sampel melalui teknik cluster random sampling yang terdiri dari 34 peserta didik. Instrumen hasil pengembangan berupa LKPD diuji validitasnya melalui validator ahli materi dan ahli perangkat pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan soal tes untuk mengukur kemampuan Problem Solving peserta didik menggunakan soal uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Analisis uji statistik menggunakan Paired T Test dengan taraf signifikansi 5% terhadap data yang sebelumnya sudah di uji prasyarat menggunakan Uji Lilliefors dan Uji F (Fisher). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis uji validasi produk LKPD oleh dua dosen ahli mendapatkan nilai dengan rata-rata persentase sebesar 93% dengan kriteria sangat valid. Kemudian pada hasil analisis perhitungan nilai pretest dan postest menunjukan adanya peningkatan nilai sebesar 31,2% dari rata-rata nilai sebesar 54 menjadi 78,47. Analisis perhitungan uji efektivitas diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara data hasil pretest dengan posttest, dengan hasil perhitungan sebesar . Sehingga produk LKPD matematika berbasis Computational Thinking yang dikembangkan memiliki kategori valid dan efektif terhadap kemampuan Problem Solving peserta didik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2022 19:55
Last Modified: 22 Dec 2022 13:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15616

Actions (login required)

View Item View Item