PROBLEMATIKA PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI ERA NEW NORMAL MUATAN MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MIFTAHUL HUDA LOPAIT TAHUN 2022

shifa, Prima ameliyana (2022) PROBLEMATIKA PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI ERA NEW NORMAL MUATAN MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MIFTAHUL HUDA LOPAIT TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SkripsiREVISI 14_07 wali 108-109 siap cetak hard -1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Shifa, Prima Ameliyana. 2022. Problematika Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Blended Learning di Era New Normal Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Tahun 2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Skripsi : Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci : Problematika Pendampingan Orang Tua, Blended Learning, Matematika Bilangan Bulat. Tujuan dalam penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran, problematika yang dirasakan oleh orang tua, dan mencari solusi yang dapat mengatasi problematika dalam pembelajaran blended learning diera new normal matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang pada tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang kemudian akan diperkuat dengan data sekunder. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil menunjukkan bahwa problematika pembelajaran blended learning matematika materi bilangan bulat pada kelas VI di MI Miftahul Huda Lopait. Pembelajaran dilaksanakan dengan offline dan online untuk memaksimalkan pembelajaran. Media yang digunakan adalah Whatsapp Group yang beranggotakan wali siswa. Ditemukan problematika seperti kurangnya minat siswa terhadap matematika, orang tua tidak memahami materi operasi bilangan bulat, tidak memiliki handphone, tidak dapat menumbuhkan minat belajar anak, tidak dapat mengoperasikan handphone, kurang sabar dalam mendampingi anak belajar. Solusi yang sudah dilakukan untuk mengurangi problematika yang ada adalah membuat pembelajaran anak terasa lebih konkrit atau nyata dengan kehidupan sehari-hari, memberikan fasilitas les privat, menumbuhkan semangat belajar anak, lebih sabar dalam menghadapi anak selama di rumah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2022 17:10
Last Modified: 23 Dec 2022 12:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15622

Actions (login required)

View Item View Item