PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK ANIMASI MELALUI GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV DI MI MAARIF GEDANGAN TUNTANG SEMARANG

WULANDARI, WAHYU (2022) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK ANIMASI MELALUI GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV DI MI MAARIF GEDANGAN TUNTANG SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
CETAK TESIS WULAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wahyu Wulandari 2022. Pengembangan Media Flipbook Animasi melalui Google Sites dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV di MI Maarif Gedangan. Tesis. Fakultas Tarbiyah. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook animasi melalui google sites dalam pembelajaran tematik kelas IV di Maarif Gedangan. Manfaat penelitian ini adalah memberikan ide untuk menambah dan mengembangkan wawasan terkait media flipbook animasi melalui google sites dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil kelayakan dari ahli media mendapat jumlah presentase rata-rata sebanyak 90,6% atau skor 3,6 dan ahli materi IPA sebanyak 95,8 atau skor 3,8, serta ahli IPS dan PPKn sebanyak 93,8 atau skor 3,75. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh masing-masing validator menunjukkan bahwa media flipbook animasi melalui google sites pada pembelajaran tematik sangat layak untuk digunakan. Efektivitas media flipbook animasi melalui google sites pada pembelajaran tematik ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan posttest siswa. Hasil Paired Simple t Test menunjukan nilai t hitung 12,465, sedangkan p=0.000<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran tematik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flipbook Animasi, Google Sites.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2022 17:47
Last Modified: 23 Dec 2022 17:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15626

Actions (login required)

View Item View Item