PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PROGRAM GASTRO HISTORY UNTUK MENINGKATKAN BRANDING PRODUK UMKM DI KOTA SALATIGA

Hanafi, Muhammad Wafa Afif (2022) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PROGRAM GASTRO HISTORY UNTUK MENINGKATKAN BRANDING PRODUK UMKM DI KOTA SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI M WAFA A H - 43010180138.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yang hendak dicapai dari penulis yaitu untuk mengetahui dan menganlisis strategi pemanfaatan teknologi informasi dan peran komunikasi dalam program Gastro History untuk meningkatkan branding produk UMKM yang ada di Kota Salatiga. Metode yang digunakan ini adalah jenis penelitian yang besifat deskriptif kualitatif dengan teknik mencari sumber informasi dengan wawancara. Informan penelitian ini adalah Nugroho Prastyaningsih, S.E., selaku Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan tim penggiat program Gastro History Kota Salatiga. Kemudian, data sekundernya yaitu berupa berita-berita di google, dan adanya bukti surat keputusan tentang struktur organisasi dalam program Gastro History. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi secara online dan offline, wawancara, dokumentasi, dan hasil penelitian di analisis, pengecekan keabsahan data, metode penelitian dan teori yang digunakan dalam penelitian, kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah penting dan menjadi peranan utama untuk mendukung program Gastro History Kota Salatiga. Memudahkan akses dalam memperoleh informasi dan mempersingkat waktu dalam mendapat informasi, informasi yang diperoleh juga akurat. Dapat membantu manusia dalam meningkatkan dan memanfaatkan sumber energi baru yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup. Pemanfaatan sistem informasi dengan media sosial dianggap efisien dan efektif dengan komponen perencanaan disusun dengan teliti dan obyektif. Penggunaan media sosial atau memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi merupakah strategi untuk menyampaikan, menyebar, dan menawarkan produk kepada masyarakat. Sehingga dalam menjalankan program tersebut tidak lupa adanya partsipasi dari masyarakat untuk membantu mempromosikan secara offline untuk menunjang diprogramnya Gastro History di Kota Salatiga.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2022 21:11
Last Modified: 23 Dec 2022 14:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item View Item