STRATEGI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH (PHU) DALAM MENGATASI KASUS PEMBATALAN HAJI DI MASA PANDEMI (Studi Kasus di Kementerian Agama Kabupaten Magelang)

AZIZ, MUHAMMAD SHOFYAN ABDUL (2022) STRATEGI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH (PHU) DALAM MENGATASI KASUS PEMBATALAN HAJI DI MASA PANDEMI (Studi Kasus di Kementerian Agama Kabupaten Magelang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
FINAL REVISI SIDANG SKRIPSI SHOFYAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aziz, Muhammad Shofyan Abdul. 2022. Strategi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) dalam Mengatasi Kasus Pembatalan Haji di Masa Pandemi. Skripsi. Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga 2022. Dosen Pembimbing: Sutrisno, M.Pd.I. Kata Kunci: Haji, Pandemi, Pembatalan, Strategi, Umroh Tujuan penelitian adalah untuk 1) mengetahui strategi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama dalam mengatasi kasus pembatalan haji di masa pandemi. 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembatalan haji pada masa pandemi di Kementerian Agama Kabupatenn Magelang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pada masa pandemi terdapat banyak calon jamaah yang melakukan pembatalan pemberangkatan haji yang disebabkan oleh faktor ekonomi yang berkurang dan faktor calon jamaah haji yang meninggal pada masa pandemi dikarenakan terkena virus covid-19 yang mayoritas sudah berusia senja. Dengan adanya kasus tersebut, pihak Kementerian Agama Kabupaten Magelang membuat strategi dengan cara melakukan pendekatan personal kepada calon jamaah haji yang melakukan pengajuan permohonan pembatalan haji, kemudian melakukan observasi sebab dari calon jamaah haji yang melakukan pembatalan haji. Selain itu juga dilakukannya sosialisasi dan pemberian informasi terkait dengan dampak yang akan didapatkan bagi calon jamaah haji yang melakukan pembatalan pemberangkatan haji.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2022 22:04
Last Modified: 23 Dec 2022 15:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15636

Actions (login required)

View Item View Item