ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP N 2 BANDONGAN TAHUN PELAJARAN 2021

HASTARI, ANI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP N 2 BANDONGAN TAHUN PELAJARAN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANI HASTARI_23070170056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Kurangnya kemampuan pemahaman matematis mengakibatkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, terutama dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Bandongan tahun pelajaran 2021. Metode dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode atau prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bandongan yang berada di Kabupaten Magelang sebanyak 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dari 27 siswa, terdapat 6 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis kategori tinggi, 10 siswa dengan kategori sedang, dan 11 siswa dengan kategori rendah. Sedangkan berdasarkan presentase ketercapaian tiap indikator, indikator kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari mempunyai presentase sebanyak 53,4%. Indikator kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu mencapai 71,8% dan 57,8%. Serta indikator kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah presentasenya mencapai 47,4%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Dec 2022 02:35
Last Modified: 25 Dec 2022 02:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

View Item View Item