Huda, Muhammad Shonanul (2022) Pendapat dan Faktor Ketertarikan Mahasiswa Jurusan KPI Angkatan 2019 Terhadap Konten Dakwah Dalam Media Youtube. [UNSPECIFIED]
Text
Pendapat dan Faktor Ketertarikan Mahasiswa Jurusan KPI Angkatan 2019 Terhadap Konten Dakwah Dalam Media Youtube.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Konten Dakwah, Media Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pendapat dan Faktor Ketertarikan Mahasiswa Jurusan KPI Angkatan 2019 Terhadap Konten Dakwah Dalam Media Youtube. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dan dokumentasi sedangkan sumber data sekunder yaitu dari bahan-bahan kepustakaan yang ada relevansinya dengan penelitian ini, seperti buku-buku, majalah, skripsi, tesis, dan laporan-laporan ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Youtube salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh sebagian masyarakat, khususnya generasi digital saat ini. Bagi para pegiat dakwah, Youtube juga menjadi salah satu media yang banyak digunakan dalam mensyiarkan ajaran Islam dan membentuk akhlakul karimah yang mendasari terbangunnya komunitas muslim yang rahmatan lil alamin. Mahasiswa sebagai generasi yang melek digital menilai bahwa dakwah dengan menggunakan media Youtube sangat strategis, efektif dan efesien.. 2) Pendapat dan Faktor Ketertarikan Mahasiswa Jurusan KPI Angkatan 2019 Terhadap Konten Dakwah Dalam Media Youtube adalah para da’i sangat baik, urut dalam menyampaikan materinya. Tidak ada unsur ujaran kebencian pada siapapun. 3) Hasil penelitian pada mahasiswa jurusan KPI IAIN Salatiga Angkatan 2019 tentang faktor ketertarikannya terhadap konten dakwah di youtub adalah sebagai berikut: a). Nama-nama pegiat dakwah melalui youtub yang dilihat oleh mahasiswa yaitu; Cak Nun, Gus Baha, Ust. Abdul Somad, Gus Yusuf, Ust Anwar Zahid, Gus Miftah, Ust. Maulana, Habib Noval, Syeh Ali jabir, Mama Dedeh.b). Adapun 3 pendakwah yang paling diminati dilihat dari jumlah sample yang menyukai pegiat dakwah melalui youtube adalah Gus Baha, Ust. Anwar Zahid dan Gus Miftah. 4). Faktor yang melatar belakangi ketertarikan dalam menyimak dakwah melalui youtub tersebut, yaitu: a). Komukasi pembawaan yang lucu, b). Pengusaan terhadap materi, c). Penjabaran materi yang gamblang, d). Karismatik, e). Pemberian contoh yang sesuai dengan realitas, f). Jelasnya dalil atau dasar hukum yang dipaparkan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Dec 2022 18:43 |
Last Modified: | 25 Dec 2022 11:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15638 |
Actions (login required)
View Item |