warizqi, Nia (2022) Pendidikan Keimanan dan Pengembangan Kemampuan Komunikatif Pada Santri Putri di Pondok Pesantren Ittihadul Asna Sidorejo Kidol Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun 2021. [UNSPECIFIED]
Text
nia Warizqi aploud_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Warizqi, Nia. 2022, Pendidikan Keimanan dan Pengembangan Kemampuan Komunikatif pada Santri Putri Pondok Pesantren Ittihadul Asna, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Kaprodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: pendidikan, keimanan dan kemampuan komunikatif, pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bentuk pendidikan keimanan pada santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Asna Kecamatan Tingkir Kota Salatiga, (2) mengetahui bentuk pengembangan kemampuan komunikatif pada santri putri pondok pesantren Ittihadul Asna Kecamatan Tingkir Kota Salatiga, dan (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pendidikan keimanan dan pengembangan kemampuan komunikatif pada santri putri pondok pesantren Ittihadul Asna Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi data primer yaitu data hasil wawancara pengasuh pondok, pengurus pondok, sebagian santri putri, masyarakat sekitar dan wali santri sedangkan data sekunder yaitu berupa foto-foto kegiatan pondok. Kemudian untuk mengolah data, peneliti menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi teknik, dimana peneliti mengumpulkan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan sumber kemudian membandingkan hasil wawancara satu informan dengan informan lainnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pendidikan keimanan dan pengembangan kemampuan komunikatif pada santri putri pondok pesantren Ittihadul Asna Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun 2021 yaitu melalui guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keimanan dalam diri seseorang dan para santri diberikan pengetahuan tentang keimanan melalui pembelajaran madrasah diniyah dengan diajarkan kitab-kitab keimanan. Pengembangan kemampuan komunikatif melalui pelatihan khitobah setiap seminggu sekali. Faktor yang mendukung yaitu motivasi diri, kegiatan pondok, sarana prasarana dan lingkungan pondok. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesadaran diri, pengaruh teman sebaya, kurangnya efektif waktu.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 19:58 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 13:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15644 |
Actions (login required)
View Item |