PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA YANG RELIGIUS DAN YANG MENGGUNAKAN GAWAI TERHADAP MORAL AGAMA ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH RINGINANOM WONOSEGORO

Mushoffi, Basyirotul (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA YANG RELIGIUS DAN YANG MENGGUNAKAN GAWAI TERHADAP MORAL AGAMA ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH RINGINANOM WONOSEGORO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS SHOFFI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mushoffi, Basyirotul. Pengaruh Pola Asuh Religius dan Penggunaan Gawai terhadap Moral Agama Anak Madrasah Ibtidaiyah Ringinanom Wonosegoro. Tesis. 2022. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Setiap orangtua menginginkan anaknya memiliki pribadi yang baik, bermoral, dan juga religius. Orangtua sebagai pembentuk pribadi yang pertama dan utama pada kehidupan anak-anaknya. Kepribadian yang dimiliki orangtua, sikap, dan cara hidup merupakan unsur pendidikan yang secara tidak langsung akan menular ke dalam pribadi seorang anak. Banyak orangtua yang menginginkan anak menjadi anak yang religius dan bermoral, tapi pada kenyataannya orangtua belum memberikan pengasuhan dan contoh-contoh yang baik kepada anaknya. Oleh karena itu, penelitan dilakukan untuk mengetahui moral agama anak ditinjau dari pola asuh religius dan penggunaan gawai oleh orangtua . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi linear berganda yang melibatkan 34 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat tiga instrumen pengumpulan data yang dinyatakan valid oleh validator ahli dan reliabel. Instrumen tersebut meliputi skala pola asuh religius, skala penggunaan gawai, dan skala moral agama anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh variabel pola asuh religius (X1) terhadap moral agama anak (Y) diketahui nilai sig. untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,0 < 0,05 dan nilai t hitung 5,743 > t tabel 2,262, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan terdapat pengaruh X1 terhadap Y. 2) Pengaruh penggunaan gawai (X2) terhadap moral agama anak (Y) diketahui nilai sig. X2 sebesar 0,464 > 0,05. Dan nilai t hitung 0, 741 < 2,262, maka H0 diterima dan H2 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara penggunaan gawai (X2) terhadap moral agama anak (Y). 3) Selanjutnya, pada uji F diketahui nilai sig. untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung 18,811 > f tabel 4,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Kata Kunci: Pola Asuh Religius, Penggunaan Gawai, dan Moral Agama Anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2022 17:35
Last Modified: 27 Dec 2022 10:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item