PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BOARD GAME PAPAN PINTAR IPA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI ALAT GERAK HEWAN

Amaliyah, Iko Rizki (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BOARD GAME PAPAN PINTAR IPA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI ALAT GERAK HEWAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
naskah tesis Iko.pdf

Download (2MB)

Abstract

Amaliyah, Iko Rizki. 2022. Pengembangan Media Digital Board Game Papan Pintar IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Alat Gerak Hewan. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M. Si. Kebutuhan dalam pengembangan media pada materi alat gerak hewan bagi siswa dan guru di MI Ma’arif Dukuh Kota Salatiga meliputi digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline yang dapat dilihat, didengar, dan dipraktikkan berulang-ulang dalam pembelajaran IPA di kelas V. Media game yang menarik dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda dari biasanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Analisis dilakukan guna mengetahui kebutuhan mengenai pengembangan media digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline pada materi alat gerak hewan. Design merupakan tahapan untuk membuat rancangan produk media digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline. Development adalah tahapan untuk mengembangkan media digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline yang kemudian divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan rekan guru lainnya guna perbaikan produk. Implementation adalah tahapan untuk mengimplementasikan media digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, dan evaluation yaitu hasil evaluasi menunjukkan bahwa media digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline pada materi alat gerak hewan sangat layak. Jumlah subjek penelitian 17 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, pedoman wawancara, soal pretest dan posttest. Hasil penelitian ini yaitu 1) guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan interaktif guna meningkatkan hasil belajar; 2) bentuk pengembangan berupa media digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline melalui berbagai tahapan seperti analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi; 3) media digital board game papan pintar IPA berbasis articulate storyline terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi alat gerak hewan dengan hasil uji paired sample t-test 0,00<0,05 dan t hitung= 7,21 >t tabel= 2,120. Kata Kunci: Pengembangan Media Digital Board Game Papan Pintar IPA Berbasis Articulate Storyline.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2022 21:10
Last Modified: 27 Dec 2022 21:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item