Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Bank Syariah dan Bank Konvensional terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Model CARTER (Studi Kasus pada Bank Syariah dan Bank Konvensional di Kota Salatiga)

Mentari, Puspa (2022) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Bank Syariah dan Bank Konvensional terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Model CARTER (Studi Kasus pada Bank Syariah dan Bank Konvensional di Kota Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Puspa Mentari Perbankan Syariah 2015.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana dimensi dari kualitas pelayanan bank syariah dan bank konvensional berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan kuisioner yang disebarkan pada 100 responden yang menjadi nasabah bank syariah dan bank konvensional di Kota Salatiga dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Data dianalisis pengaruhnya menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa compliance dan responsiveness merupakan dimensi bank syariah yang mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig. 0,005 untuk kedua dimensi tersebut. Sedangkan reliability adalah satu-satunya variabel bank konvensional yang berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig. 0,045. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi oleh pihak bank, di mana bank syariah dapat meningkatkan dimensi compliance dan responsiveness serta bank konvensional dapat meningkatkan dimensi reliability pada kualitas pelayanannya agar dapat menaikkan tingkat kepuasan nasabahnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2022 00:33
Last Modified: 28 Dec 2022 11:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15654

Actions (login required)

View Item View Item