PENGGUNAAN MEDIA PASIR DALAM KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN TK TARBIYATUL ATHFAL 57 GENUK KOTA SEMARANG TAHUNA AJARAN 2020/2021

amalia, ivatul (2022) PENGGUNAAN MEDIA PASIR DALAM KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN TK TARBIYATUL ATHFAL 57 GENUK KOTA SEMARANG TAHUNA AJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, Ivatul, 2021. Penggunaan Media Pasir dalam Kemampuan Menulis Awal Anak usia 4-5 tahun TK Tarbiyatul Athfal 57 Genuk Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Hesti Ariestina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Media Pasir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis awal anak. Untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis awal anak di TK Tarbiyatul Athfal 57 Genuk Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pre-experimental design yang menggunakan desain one group pretest-posttest. Desain terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Tarbiyatul Atfhfal 57 Genuk Kota Semarang sebanyak 12 anak didik. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis awal anak usia 4-5 tahun TK Tarbiyatul Athfal 57 Genuk Kota Semarang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis awal anak usia 4-5 tahun TK Tarbiyatul Athfal 57 Genuk Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment media pasir maka kemampuan menulis awal anak usia 4-5 tahun TK Tarbiyatul Athfal 57 Genuk Kota Semarang mengalami peningkatan. Awal penelitian peneliti melihat anak yang belum mampu menulis dengan benar seperti menulis huruf b kebalik jadi d, huruf p jadi q, ada juga yang salah memegang pensil. Akhirnya peneliti mencoba untuk menggunakan media pasir untuk menulis anak. Kenapa peneliti memilih media pasir untuk di uji oba karena anak identik suka mainan apalagi yang berbau pasir anak lebih bersemangat bermain sambil belajar. Disini peneliti ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan media pasir dilakukan. Hal ini berdasarkan pada hasil posttest dengan persentase yang tinggi pada penilaian berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis awal anak setelah diberikan perlakuan media pasir pada anak kelompok A di TK Tarbiyatul Athfal 57 Genuk Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Dilihat dari haasil perhitungan pretest-posttest design yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,025. Maka, Ho di tolak artinya ada perbedaan antara nilai sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran atau sebelum tidak sama dengan sesudah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2022 16:15
Last Modified: 30 Dec 2022 16:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15664

Actions (login required)

View Item View Item