BILAL, MUHAMAD (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME RELIGIUS DENGAN MATA PELAJARAN TSAQOFAH ISLAMIYAH DI SMA IT AL HIKMAH BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme Religius Dengan Mata Pelajaran Tsaqofah Islamiyah di sma it al hikmah boyolali, Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Salatiga 2022, Pembimbing Dr. H. Mukh Nursikin, M.Si. Dalam penelitian ini didasari dari banyaknya siswa yang kurang jiwa nasionalisme religius Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Bagaimana Strategi Guru Dalam Menanamkan nilai-nilai Nasionalisme Religius, Bagaimana pelaksanaan penanaman serta evaluasi Dalam Menanamkan nilai-nilai Nasionalisme Religius Dengan Mata Pelajaran Tsaqofah Islamiyah . di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Al Hikmah Boyolali Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitan deskriptif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala. Untuk mengetahui, strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menanamkan nilai nasionalisme religius dengan mata pelajaran Tsaqofah Islamiyah di sma it al hikmah boyolali. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) dalam pelaksanaan penanaman nilai nilai nasionalisme religius, guru PAI terkhusus mapel Tsaqofah Islamiyah menciptakan budaya sekolah, menjadi teladanan, serta penanaman nilai di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. 2) strategi guru dalam menanamkan nilai nasionalisme religious diantaranya Mengambil atau Memetik dari segi agama berupa ayat tertentu yang berhubungan dengan nasionalisme dalam setiap mapel pelajaran khususnya Tsaqofah Islamiyah , Mengaitkan sejarah perjuangan orang islam yang tidak terlepas dari kemerdekaan Indonesia, Mengikutsertakan peserta didik untuk terjun langsung dalam setiap kegiatan pembelajaran baik didalam kelas maupun diluar kelas, Langsung Prkatik yang dilakukan oleh peserta didik atau siswa berdasarkan ilmu yang sudah disampaikan lewat pembelajaran dikelas melalui penugasan baik didalam sekolah atau diluar sekolah, Memasukan nilai-nilai Pancasila yang harapannya setiap siswa mengetahui secara detail bagaimana isi dari pancasila tersebut serta mengaitkan bagaimana para pejuang dahulu dalam membuat atau merumuskan pancasila. 3)siswa memiliki sikap yang mencerminkan tentang nilai-nilai Nasionalisme religius yakni sikap rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia serta Kejujuran, Kedisiplinan, Tanggung Jawab, Ikhlas, Kemandirian, Kepedulian, Kerja Keras, Keadilan Serta Keberanian yang sudah tertanam dalam diri siswa. Kata Kunci: Strategi Guru, Nasionalisme Religius, Pendidikan Agama Islam, Tsaqofah Islamiyah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 05:52 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 05:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15680 |
Actions (login required)
View Item |