ESTIMASI MODEL PERSAMAAN SIMULTAN METODE TWO STAGE LEAST SQUARES ANTARA SUKUK DAN VARIABEL MAKRO YANG MEMPENGARUHI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA 2015-2021

MASTUROH, DHANI (2023) ESTIMASI MODEL PERSAMAAN SIMULTAN METODE TWO STAGE LEAST SQUARES ANTARA SUKUK DAN VARIABEL MAKRO YANG MEMPENGARUHI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA 2015-2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
dhani masturoh.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalitis hubungan antara sukuk dan variabel makro yang mempengaruhi terhadap petumbuhan ekonomi dengan menggunakan model simultan periode 2015-2021. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder dengan model data time series dari variabel sukuk, variabel ekonomi makro yang terdiri dari inflasi, kemiskinan, nilai tukar, suku bunga, indeks pembangunan manusia (IPM), jumlah pemduduk dan pertumbuhan ekonomi (PDB) di indonesia. Selanjutnya, data di uji menggunakan model regresi linear berganda serta uji model simultan, untuk mendapatkan hasil uji dan analisa secara komplek dari variabel eksogen dan endogen pengaruhnya terhadap pembangunan ekonomi, dengan bantuan aplikasi EVIEWS versi 9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sukuk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara bersamaan sukuk dipengaruhi oleh nilai tukar yang berpengaruh negatif dan signifikan serta inflasi yang berpengaruh positif dan signifikan. Inflasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara bersamaan inflasi dipengaruhi oleh nilai tukar yang berpengaruh positif dan signifikan serta dipengaruhi oleh suku bunga yang berpengaruh negatif tetapi tidak signfikan. kemiskinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Secara bersamaan kemiskinan dipengaruhi oleh inflasi yang berpengaruh negatif tidak signifikan, IPM yang berpengaruh negatif signifikan serta jumlah peduduk yang berpengaruh negatif signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2023 15:42
Last Modified: 04 Jan 2023 15:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item