PENIINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING BERBANTU HYPERMEDIA PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA KRANGGAN KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG

Fadllullah, (2023) PENIINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING BERBANTU HYPERMEDIA PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA KRANGGAN KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi[1] fadluy.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fadllullah. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Active Learning Berbantu hypermedia pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah,M. Pd.I Kata kunci : IPS, Active Learning, Hypermedia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode active learning berbantu hypermedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perlawanan terhadap Belanda pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ulama Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang tahun pelajaran 2021/2022? Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. subjek penelitian terdiri dari 13 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. sedangkan instrumen pengumpulan datanya berupa lembar pengamatan dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penggunaan metode active learning berbantu hypermedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perlawanan terhadap Belanda pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan data sebagai berikut: KKM yang ditetapkan lembaga adalah 65 untuk mata pelajaran IPS. Setelah menggunakan metode active learning berbantuan hypermedia pada siklus I diperoleh hasil sebesar 38,4% (5 siswa) dengan nilai rata-rata 57 sedangkan siswa yang belum lulus memperoleh nilai 61,6% (8 siswa) dengan nilai rata-rata 64,5.karena belum memenuhi indikator keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar, yaitu sebesar 84,6% (11 siswa) dan karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh Djamarah sebesar 75% berarti siklus II ini dihentikan dan ini berarti bahwa penelitian tindakan ini dinyatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2023 15:31
Last Modified: 13 Jan 2023 08:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15721

Actions (login required)

View Item View Item