KONSELING INDIVIDU DENGAN TERAPI ISTIGHFAR UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA MTs AL-USWAH BERGAS

saputri, shela (2023) KONSELING INDIVIDU DENGAN TERAPI ISTIGHFAR UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA MTs AL-USWAH BERGAS. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SHELA SAPUTRI 23080180028 revisi print-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta masih banyak terjadi perilaku bullying di kalangan siswa. Perilaku negatif siswa seperti ini tidak boleh dianggap remeh atau diremehkan, bahkan menjadi isu yang harus disangkal. Karena maraknya perilaku negatif seperti ini terutama pada siswa semakin banyak menghiasi deretan berita di halaman media cetak maupun eletronik menjadi bukti bahwa telah terabaikannya nilai-nilai kemanusiaan. Berdasarkan fenomena yang peneliti dapat di lapangan dan data dari guru BK didapatkan informasi bahwa terdapat siswa yang menjadi pelaku bullying seperti melakukan tindakan memanggil teman dengan nama julukan, melakukan tindakan kekerasan seperti mencubit dan mengancam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling individu dengan terapi istighfar dapat mengurangi perilaku bullying pada siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen subjek tunggal atau desain single subject research (SSR) dengan model A-B. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah dua orang siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling sesuai hasil rekomendasi dari guru BK. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian skala perilaku bullying dengan lima alternatif jawaban dan observasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari rendahnya penyajian data tumpang tindih (overlap). Hal ini dapat diketahui melalui hasil presentase dari overlap yang rendah yaitu 0% dari kedua subjek penelitian ini, selain itu juga dapat dilihat melalui perubahan kecenderungan arah dan efeknya pada kedua subjek penelitian yang menunjukkan hasil stabil ke stabil yang berarti skor yang didapat pada kedua subjek menurun atau membaik. Pada perubahan kecenderungan stabilitas kedua subjek penelitian ini hasilnya stabil ke stabil, hal ini yang dapat memperkuat hipotesis bahwa konseling individu dengan terapi istighfar efektif untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2023 04:38
Last Modified: 13 Feb 2023 09:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item