ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII B SMP ISLAM PLUS AT TOHARI TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

maslikhah, Lilik arifatul (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII B SMP ISLAM PLUS AT TOHARI TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
LILIK ARIFATUL MASLIKHAH 23070180089.pdf

Download (6MB)

Abstract

Maslikhah, Lilik Arifatul. 2022. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII B SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, HOTS, Bangun Ruang Sisi Datar Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII B SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui kondisi yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII B SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan dipilih dengan teknik purposive sampling dipilih 6 dari 22 siswa kelas VIII B SMP Islam Plus At Tohari Tuntang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dengan membandingkan hasil pekerjaan siswa dan hasil wawancaranya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang didefinisikan menurut Kastolan didapat bahwa (1) Siswa mengalami tiga kesalahan yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknikal. (2) Adapun kondisi yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi bangun ruang sisi datar adalah dalam kesalahan konseptual siswa tidak memahami soal dengan jelas, siswa tidak mengetahui rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal. Untuk kondisi yang menyebabkan kesalahan prosedural yaitu siswa tidak melakukan langkah – langkah dengan tepat dan siswa tidak mampu menyelesaikan soal pada tahap yang sederhana, sedangkan kondisi yang menyebabkan kesalahan teknikal adalah siswa kurang teliti dalam menjawab soal dan siswa tidak melakukan pengecekan kembali pada hasil pengerjaannya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2023 21:13
Last Modified: 09 Mar 2023 14:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item View Item