PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MEYAKINI HARI AKHIR MELALUI METODE CARD SORT DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IX SMP NUSANTARA GEDANGAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Sari, Lala Kemala (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MEYAKINI HARI AKHIR MELALUI METODE CARD SORT DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IX SMP NUSANTARA GEDANGAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Lala_Kemala_Sari_23010180086[1]-2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan hasil belajar Materi Meyakini Hari Akhir melalui Metode Card Sort dan Make a Match pada Siswa Kelas IX SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas IX belum mencapai 75% sehingga dilakukan penelitian tindakan kelas ini. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Penelitian ini digunakan untuk menjawab terkait metode Card Sort dan Make a Match pada materi Meyakini Hari Akhir dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas IX SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai dengan KBM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Card Sort dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Nusantara Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 35% dan pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 55%, kemudian pada siklus II persentase peserta didik yang tuntas sebanyak 85%. Jadi, pada pra siklus ke siklus I ketuntasan ketuntasan meningkat sebesar 20% dan dari siklus I ke siklus II ketuntasan meningkatkan sebanyak 30%. Pelaksaan siklus dihentikan karena hasil tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 85%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2023 17:28
Last Modified: 26 Jan 2023 10:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item