INOVASI STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN SANTRI (Studi pada Pondok Pesantren Arrobani Darunna’im Desa Lungge Temanggung Jawa Tengah tahun 2021)

, Abdul Aziz Ar Rabbani (2023) INOVASI STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN SANTRI (Studi pada Pondok Pesantren Arrobani Darunna’im Desa Lungge Temanggung Jawa Tengah tahun 2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ar Rabbani, Abdul Aziz. 2022. Inovasi Strategi Dakwah Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Keberagamaan Santri (Studi Pada Pondok Pesantren Arrobani Darunna’im Desa Lungge Temanggung Jawa Tengah tahun 2021). Skripsi, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Abrori, M.S.I. Kata Kunci : Dakwah dan Keberagamaan Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas keberagamaan santri dan menganalisis inovasi strategi dakwah yang digunakan untuk meningkatkan kualitas keberagamaan santri di Pondok Pesantren Ar Robbani Darunna’im. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Peneliti melakukan analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang bersamaan yaitu: reduksi sebagai proses pemilihan pemutusan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan tranformasi data yang muncul dari catatan-catatan yang tertulis di lapangan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menunjukan bahwa dakwah yang disampaikan pengasuh Pondok Pesantren Arrobani Darunna’im terus mengalami peningkatan, melakukan berbagai pengembangan ke arah yang lebih baik. Inovasi kegiatan yang dilakukan tidak terlepas dari managemen pondok untuk meningkatkan kualitas keberagamaan santri. Dalam meningkatkan kualitas keberagamaan santri Pondok Pesantren Arrobani Darunna’im menggunakan metode kajian rutinan. Kajian rutin yang dilakukan berupa kajian ba’da subuh, ba’da maghrib dan mengundang ustadz. Pesan dakwah yang disampaikan pengasuh Pondok Pesantren Arrobani Darunna’im mencakup banyak program, program yang berhubungan dengan inovasi strategi dakwah dan keberagamaan santri yaitu program sosial, program kewirausahaan, program kemasyarakatan dan program kemandirian santri.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2023 19:07
Last Modified: 25 Jan 2023 12:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15747

Actions (login required)

View Item View Item