PERKEMBANGAN INDUSTRI SAPU IJUK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MUSLIM DUSUN DAWAR KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI 1998-2015

Pradana, Bagoes (2023) PERKEMBANGAN INDUSTRI SAPU IJUK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MUSLIM DUSUN DAWAR KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI 1998-2015. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK BAGOES PRADANA. Perkembangan Industri Sapu Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dusun Dawar Kecamatan Mojosongo Kabupeten Boyolali 1998-2015. Skripsi. Salatiga: Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, IAIN Salatiga. Wirausaha saat ini telah banyak digemari oleh orang. Begitu juga para pengusaha muslim Sapu Ijuk di Dusun Dawar yang saat ini telah berkembang menjadi lebih besar. Pengusaha muslim Sapu Ijuk telah mempengaruhi peningkatan ekonomi bagi masyarakat Dusun Dawar. Berdirinya home industri yang semakin lama semakin banyak membuat peluang kerja masyarakat Dusun Dawar lebih besar. Sehingga kesenjangan ekonomi masyarakat mulai menurun di karenakan masyarakat mulai sadar dan mengembangkan home industri Adapun tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui latar belakang berdirinya home industri, kedua untuk mengetahui dinamika home industri. ketiga untuk mengetahui dampak keberadaan home industri Sapu Ijuk Dusun Dawar. Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian historis-deskriptif. Dalam melakukan penelitian awal, penulis menggunakan pendekatan emosional dan intelektual. Tahapan dalam metode penelitian sejarah yakni : (1) Heuristik yaitu pengumpulan sumber berupa sumber tertulis dan lisan. Sumber tertulis berupa berbagai penelitian dari buku, skripsi, dan jurnal, sedangkan sumber lisan melalui wawancara dengan pengusaha muslim Sapu Ijuk di Dusun Dawar. (2) Verifikasi atau kritik sumber baik eksternal dan internal, (3) Interpretasi atau penafsiran, dan (4) Historiografi atau penulisan sejarah. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, dinamika perkembangan latar belakang berdirinya home industri Sapu Ijuk Dusun Dawar. Perkembangan home industri Sapu Ijuk telah mengalami peningkatan produksi sapu menungkat sehingga membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Tenaga kerja yang bekerja juga dari bermacam-macam komponen masyarakat ada yang masih muda ada juga yang sudah berumur bahkan santri di pondok dawar jyga ikut bekerja disana. Pengusaha muslim telah membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya bagi masyarakat sekitar. Hal ini akan membantu perekonomian masyarakat yang mempunyai ekonomi menengah kebawah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2023 15:58
Last Modified: 27 Jan 2023 15:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item