Pemenuhan Kewajiban Suami dalam Keluarga Pernikahan Dibawah Umur Perspektif Sayyid Sabiq (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang)

Setyaningrum, Irvina Ninda (2023) Pemenuhan Kewajiban Suami dalam Keluarga Pernikahan Dibawah Umur Perspektif Sayyid Sabiq (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI IRVINA NINDA 33010180151.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Setyaningrum, Irvina Ninda, 2022, Implementasi Pemenuhan Kewajiban SuamiDalam Keluarga Pernikahan Dibawah Umur Perspektif Sayyid Sabiq (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang ), Skripsi, Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Pembimbing Nurrun Jamaluddin, M.H.I Kata Kunci : Pemenuhan Kewajiban Suami, Keluarga, Pernikahan dibawah umur Perkawinan merupakan suatu akad menghalalkan hubungan antara seorang laki-laki dan perempuan dalam melakukan persetubuhan serta sebagai ikatan lahir batin untuk hidup bersama secara sah sehingga membentuk keluarga yang kekal, penuh kasih sayang tentram. Setiap suami istri mempunyai hak atas yang lainnya. Hal ini berarti, bila istri mempunyai hak atas suaminya, maka suami mempunyai kewajiban atas istrinya. Menurut Sayyid Sabiq, nafkah adalah memenuhi kebutuhan makan, tempat tinggal, pembantu rumah tangga, pengobatan isteri meskipun ia seorang yang kaya. Namun masih ada suami yang menikah dibawah umur dan sudah memiliki keluarga tetapi belum juga bekerja dan belum sepenuhnya menjalankan kewajiban memberi nafkah pada keluarganya. Untuk dapat diketahui Implementasi Pemenuhan Kewajiban Suami dalam Keluarga Pernikahan dibawah umur di Kecamatam Bergas Kab. Semarang dan Implementasi Pemenuhan Kewajiban Suami dalam Keluarga Pernikahan dibawah umur di Kecamatan Bergas Kab. Semarang ditinjau menurut perspektif Sayyid Sabiq. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan, serta menggunakan pendekatan yuridis empiris, Sumber data yang diperoleh sumber data primer dan sekunder, Prosedur pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam memenuhi kewajibanya suami masih belum terpenuhi dikarenakan suami masih melanjutkan sekolah dan belum memiliki pekerjaan sedangkan dalam hal mahar, mengayomi istri, mempergauli istri ada yang sudah terpenuhi dan terlaksana belum sepenuhnya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2023 16:04
Last Modified: 02 Feb 2023 16:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15792

Actions (login required)

View Item View Item