MAKNA HARF JAR MIN DAN ILA DALAM KITAB MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANY KARYA AS SYAIKH AL HAJJ AHMAD JAUHARI UMAR (ANALISIS SEMANTIK)

, MUHAMMAD KHOIRUN NAJIB (2023) MAKNA HARF JAR MIN DAN ILA DALAM KITAB MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANY KARYA AS SYAIKH AL HAJJ AHMAD JAUHARI UMAR (ANALISIS SEMANTIK). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
M. Khoirun Najib.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Makna Harf Jar Min Dan Ila Dalam Kitab Manaqib Jawahirul Ma’any Karya As Syaikh Al Hajj Ahmad Jauhari Umar” memfokuskan pada analisis harf jar min dan ila yang terdapat pada kitab Jawahirul Ma’any dengan pendekatan semantik. Tujuan dari penulisan ini yaitu mengetahui macam-macam harf jar min dan ila serta mengetahui makna harf jar yang ada dalam kitab Jawahirul Ma’any karya As Syaikh Al Hajj Ahmad Jauhari Umar, lebih dari itu juga untuk mengetahui makna-makna harf jar min dan ila yang terkandung di dalamnya. Penulis menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dengan objek kitab Jawahirul Ma’any. Metode deskriptif-kualitatif yaitu dengan melakukan pengamatan melalui data-data yang telah ada, mencari pola-pola antar hubungan dengan berbagai konsep-konsep yang sebelumnya belum pernah ditentukan, kemudian menganalisa, memberikan pemahaman dan penjelasan. Peneliti menyimpulkan bahwa harf jar min yang terdapat dalam kitab Jawahirul Ma’any mempunyai makna ibtida’ ghoyah, tab’idh, badal, murodafatu ‘an, murodafatu ba’, dharfiyah, bayan, dan zaidah. Kemudian harf Jar ila memiliki makna intihaul ghoyah zamanan wa makanan, tabyin, lam iskhtihosh, ‘inda, dan taukid ziyadah pada analisis kitab tersebut sehingga dapat diambil ilmu serta pelajaran dari penelitian ini. Kata kunci: Semantik, Harf Jar Min Ila, Kitab Jawahirul Ma’any.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2023 21:01
Last Modified: 02 Feb 2023 21:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15809

Actions (login required)

View Item View Item