PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA PAPERBOARD DI KELAS V MIS MIFTAHUL HUDA LOPAIT

allwasy, Allya murfid (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA PAPERBOARD DI KELAS V MIS MIFTAHUL HUDA LOPAIT. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPS dianggap mata pelajaran yang sulit akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa belum mencapai ketuntasan atau banyak yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V melalui metode kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) berbantu media paperboard di MIS Miftahul huda Lopait. Dikarenakan hasil belajar IPS kelas V masih terbilang rendah atau masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 70 pada ulangan harian semester genap. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) berbantu media paperboard pada kelas V pembelajaran IPS. Data penelitian peroleh melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang telah dikumpulkan pada skripsi ini melalui analisis data lembar pengamatan guru dan siswa. Dilaksanakn pada 8 sampai 11 Agustus Tahun Pelajaran 2022/2023 bertempat di MIS Miftahul Huda Lopait. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) berbantu media paperboard dapat meningkakan hasil belajar IPS pada kelas V di MIS Miftahul Huda Lopait dapat dilihat dari hasil penelitian dari Pra Siklus sampai dengan Siklus II. Pada Siklus I terdapat 25 siswa (80,6%) yang tuntas dan 6 siswa (19,4%) yang belum tuntas, dan pada Siklus II terdapat 27 siswa (87,1%) yang tuntas dan terdapat 4 siswa (12,9%) yang belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini di hentikan di Siklus II karena telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85% dari jumlah seluruh siswa tuntas belajarnya dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V MIS Miftahul Huda Lopait .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2023 17:27
Last Modified: 06 Feb 2023 17:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item