TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SIMPAN PINJAM JAMAAH YASINAN (Studi Kasus Jamaah Yasinan Al Istiqomah Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak)

Malikha, Iffa (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SIMPAN PINJAM JAMAAH YASINAN (Studi Kasus Jamaah Yasinan Al Istiqomah Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik simpan pinjam yang dilakukan oleh jamaah yasinan merupakan kegiatan menabung dan meminjamkan uang dari para ibu-ibu anggota jamaah. Uang yang terkumpul dari tabungan para jamah digunakan untuk dipinjamkan kepada jamaah yang sedang membutuhkan untuk keperluan yang mendesak. Menjadi kebiasaan bagi para jamaah bahwa pinjaman diberlakukan dengan syarat tambahan ketika pengembalian. Tambahan yang dibebankan sebesar 10% dari besarnya uang yang dipinjam. Dari kesepakatan yang telah dibuat secara bersama dalam forum, tidak semua jamaah yang melakukan pinjaman mengembalikan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati di awal. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik meneliti bagaimana pelaksanaan transaksi simpan pinjam bersyarat jamaah Yasinan Al-Istiqomah Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan pengembalian pinjaman oleh jamaah yang melakukan pinjaman dalam pengajian Yasinan Al-Istiqomah Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2023 21:23
Last Modified: 07 Feb 2023 21:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15826

Actions (login required)

View Item View Item