Musta'anah, Arina (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA MASA PANDEMI DI RA MA'ARIF KECANDRAN SALATIGA. [UNSPECIFIED]
Text
Arina Musta'anah.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Musta’anah, Arina. 2022. Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik pada Masa Pandemi di RA Ma’arif Kecandran Salatiga. Skripsi: Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Agung Hidayatulloh, S.S., M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Kecerdasan Kinestetik Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik di RA Ma’arif Kecadran Salatiga pada masa pandemi khususnya pada kelas B3. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B3, orang tua dan anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik di RA Ma’arif Kecandran Salatiga meliputi : (1) Komponen kecerdasan kinestetik koordinasi tubuh dikembangkan dengan strategi menendang bola, memantulkan bola dan menjahit huruf. (2) Komponen kecerdasan kinestetik keseimbangan dikembangkan dengan strategi berjalan di atas titian dan berdiri di atas satu kaki. (3) Komponen kecerdasan kinestetik keterampilan dikembangkan dengan strategi karya kolase, mencocok gambar, meronce, menebalkan dan menyalin, menata, menggambar dan mewarnai. (4) Komponen kecerdasan kinestetik kekuatan fisik dikembangkan dengan strategi bergelantung, panjat tali dan merangkak di bawah meja. (5) Komponen kecerdasan kinestetik kelenturan dikembangkan dengan strategi senam yang dilakukan pada hari jum’at. (6) Komponen kecerdasan kinestetik kecepatan dan ketangkasan dikembangkan dengan strategi melempar dan menangkap bola, engklek. (7) Komponen kecerdasan kinestetik daya tahan dikembangkan dengan strategi membawa bekal yang bergizi dan memanfaatkan sarana mainan outdoor seperti jungkat-jungkit, perosotan, ban tanam, tangga pelangi, bola dunia. (8) Komponen kecerdasan kinestetik kepekaan sentuhan dikembangkan dengan strategi kasar-halus dengan cara membedakan batu kerikil dengan anggota badan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 17:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 09:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15837 |
Actions (login required)
View Item |