Fathoni, Muhammad (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS MATERI KONSEP ILMU DALAM ISLAM DENGAN METODE READING GUIDE DAN MEDIA SERBANEKA PADA SISWA KELAS IX MTS MA'ARIF KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]
Text
muhammad fathoni.pdf Download (811kB) |
|
Text
SKRIPSI MUHAMMAD FATHONI (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Muhammad, Fathoni.2022. Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Materi Konsep Ilmu dalam Islam dengan Metode Reading Guide dan Media Serbaneka pada Siswa Kelas IX MTs Ma’arif Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing Siti Rukhayati, M. Ag. Kata Kunci : Al-Qur’an, Hadits, konsep ilmu, Islam, Reading Guide, Serbaneka. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat membaca siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi Konsep Ilmu dalam Islam, karena dampak terlalu lama belajar secara daring saat pandemic covid-19, ibu Mukaromah selaku pengajar dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sudah berusaha untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dari siswa kelas IX. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode Reading Guide menggunakan media Serbaneka dapat meningkatkan minat serta hasil belajar siswa kelas IX MTs Ma’arif Karanggede. Penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Tempat penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Karanggede Kabupaten Boyolali. Mulai Tanggal 18 Mei 2022 – 27 Mei 2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu metode observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, serta soal tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Metode Reading Guide menggunakan media Serbaneka dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi konsep ilmu dalam Islam pada siswa kelas IX MTs Ma’arif Karanggede tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pada prasiklus ke siklus I adalah 30%, dari data prasiklus siswa tuntas belajar ada 7 siswa (23,33%) dengan rata-rata nilai 63,83 dan siklus I siswa tuntas belajar ada 16 siswa (53,33) dengan rata-rata nilai 71,16. Peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah (33,33%), dari data pelaksanaan siklus I siswa tuntas belajar ada 16 siswa (53,33%) dengan rata-rata nilai 71,16 serta siklus II ada 26 siswa (86,66%) dengan nilai rata-rata 81,83. Hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus II (86,66%) menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 21:11 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 15:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15845 |
Actions (login required)
View Item |