Analisis Pengaruh CR, ROE dan DER Terhadap Price Earning Ratio dengan PBV Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Syariah Yang Terdaftar di BEI)

Rahmawati, Aprila Dwi (2023) Analisis Pengaruh CR, ROE dan DER Terhadap Price Earning Ratio dengan PBV Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Syariah Yang Terdaftar di BEI). [UNSPECIFIED]

[img] Text
APRILA DWI RAHMAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh current ratio, return on equity dan debt to equity ratio terhadap price earning ratio dengan price to book value sebagai variabel intervening. Dalam menganalisa saham yang nantinya akan dijadikan sebagai pilihan investasi harus dilakukan dengan benar. Salah satu pendekatan yang biasa digunakan oleh investor ialah metode Price Earning Ratio (PER), karena PER merupakan ukuran kinerja suatu perusahaan yang dapat mengakibatkan naik atau turunnya harga pasar saham suatu perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah laporan keuangan bank syariah pada tahun 2018 kuartal kedua hingga 2021 kuartal keempat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan alat analisis berupa Path Analysis. Populasi penelitian ini ialah Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DER dan PBV berpengaruh positif terhadap PER, sedangkan CR dan ROE berpengaruh negatif terhadap PER. Selain itu CR dan DER tidak berpengaruh terhadap PBV, dan ROE berpengaruh positif terhadap PBV. Dalam penelitian ini, PBV dapat menjadi variabel mediasi ROE terhadap PER namun tidak dapat memediasi CR dan DER terhadap PER.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2023 22:26
Last Modified: 09 Feb 2023 05:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item