STRATEGI HAKIM DALAM MENCARI SOLUSI KEGAGALAN MEDIASI TERHADAP PERKARA PERCERAIAN PERSPEKTIF PERMA NO 1 TAHUN 2016 (STUDI PADA PENGADILAN AGAMA AMBARAWA)

NURADI, RUDI (2023) STRATEGI HAKIM DALAM MENCARI SOLUSI KEGAGALAN MEDIASI TERHADAP PERKARA PERCERAIAN PERSPEKTIF PERMA NO 1 TAHUN 2016 (STUDI PADA PENGADILAN AGAMA AMBARAWA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuradi, Rudi 2022. “Strategi Hakim Dalam Mencari Solusi Kegagalan Mediasi Terhadap Perkara Perceraian Perspektif Perma No. 1 Tahun 2016 (Studi Pada Pengadilan Agama Ambarawa Kelas 1.B)”. Skripsi. Fakultas Syari’ah Jurusan Hukum Keluarga Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Nurrun Jamaluddin, M.H.I. Kata Kunci: Strategi Hakim, Dalam Mencari Solusi, Kegagalan Mediasi, Terhadap Perkara Perceraian, Perspektif Perma No. 1 Tahun 2016, Pengadilan Agama Ambarawa Perceraian atau talak dalam hukum Islam pada prinsipnya diperbolehkan tetapi dibenci oleh Allah, tetapi merupakan jalan terakhir ketika kehidupan keluarga tidak dapat dipertahankan. Islam menunjukkan bahwa sebelum perceraian, kedua belah pihak berusaha untuk hidup damai karena ikatan pernikahan adalah ikatan yang paling suci dan paling kuat. Putusnya perkawinan yang disebabkan karena perceraian dapat terjadi karena talaq atau berdasarkan gugatan perceraian (cerai gugat). Perceraian hanya dapat dilakukan didepan sidang Pengadilan Agama, setelah Pengadilan Agama tersebut berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. Peneliti mengangkat beberapa rumusan masalah antara lain: Apa saja faktor-faktor yang melatarbelakangi kegagalan mediasi terhadap perkara perceraian di Pengadilan Agama Ambarawa? Bagaimana strategi hakim dalam mencari solusi kegagalan mediasi terhadap perkara perceraian di Pengadilan Agama Ambarawa? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu metode untuk mendapatkan persepsi, argumentasi dan pendapat objek penelitian. Penelitian ini juga menggunakan penelitian pendekatan yuridis empiris yang bermaksud menyelidiki tentang suatu penerapan hukum terhadap individu, kelompok, masyarakat dan lembaga hukum. Sumber data Primer dalam penelitan ini adalah Hakim Pengadilan Agama Ambarawa, Sumber data sekunder merupakan sumber data dari 3 Hakim Pengadilan Agama Ambarawa dan PERMA No. 1 Tahun 2016. Prosedur Pengumpulan Data: Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi hakim dalam mencari solusi kegagalan mediasi terhadap perkara perceraian perspektif Perma No. 1 Tahun 2016 Studi Pada Pengadilan Agama Ambarawa. Bahwasannya Pengadilan Agama Ambarawa sebagai ruang untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sebagai data utama dalam penulisan skripsi ini, dapat diketahui bahwa faktor utama yang melatarbelakangi kegagalan mediasi terhadap perkara perceraian disebabkan oleh 2 faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tentunya dengan 2 faktor utama tersebut akan menambah angka perceraian yang terjadi di Pengadilan Agama Ambarawa, namun Hakim Pengadilan Agama Ambarawa tetap mengupayakan dan mendorong perdamaian untuk para pihak dengan menggunakan strategi baru untuk mengurangi angka perceraian melalui proses mediasi sukarela yang sudah diterapkan oleh Hakim Pengadilan Agama Ambarawa sejak tahun 2022.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2023 14:43
Last Modified: 09 Feb 2023 14:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15853

Actions (login required)

View Item View Item