STRATEGI KETAHANAN KELUARGA TKW PERSPEKTIF UU NOMOR 52 TAHUN 2009 ( Studi Kasus di Ds. Semowo, Kec. Pabelan, Kab. Semarang)

rosidah, Umi (2023) STRATEGI KETAHANAN KELUARGA TKW PERSPEKTIF UU NOMOR 52 TAHUN 2009 ( Studi Kasus di Ds. Semowo, Kec. Pabelan, Kab. Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
HKI-Skripsi Umi Rosidah (33010180136).pdf

Download (3MB)

Abstract

Rosidah, Umi. 2022. Strategi Ketahanan Keluarga Perspektif UU Nomor 52 Tahun 2009 ( Studi Kasus di Desa Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Universitas Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing. Nurrun Jamaludin M.H.I. Kata Kunci: Strategi, Ketahanan Keluarga, TKW Ketahanan keluarga merupakan suatu upaya keluarga sebagai unit sosial terkecil pada masyarakta dalam mengelola permasalahan yang ada serta tercukupi kebutuhan dalam keluarga. Keluarga yang memiliki ketahanan keluarga yang baik harus memenuhi aspek fisik, sosial dan psikologis hal itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Pasal 1 Ayat 11 “Ketahanan dan kesejahteraan keluarga merupakan kondisi keluarga yang ulet dan tangguh serta memiliki kemampuan fisik, materil dan mental untuk hidup secara mandiri dan mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin”. Namun pada keluarga TKW di Des. Semowo, Kec. Pabelan, Kab. Semarang tidak bisa memenuhi semua aspek tersebut. Dalam latar belakang tersebut peneliti fokus meneliti mengenai 1) Bagaimana Nilai Keluarga Menurut Keluarga TKW Di Ds. Semowo, Kec. Pabelan, Kab. Semarang? 2) Bagaimana Relasi Keluarga TKW Di Des. Semowo Kec. Pabelan, Kab. Semarang? 3)Bagaimana Strategi Ketahanan Keluarga TKW dalam UU No. 52 Tahun 2009?. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis yang bertujuan memperoleh data dengan terjun langsung ke objeknya. Dalam penelitian ini menggunakan 5 narasumber keluarga TKW Di Ds. Semowo Kec. Pabelan Kab. Semarang. Sumber data yang dibutuhkan peneliti diperoleh dari data primer yakni sumber asli dari informan, kemudian data sekunder yang berupa buku, jurnal dan artikel. Kemudian proses untuk mengumpulkan data didapat dengan dokumentasi dan interview atau wawancara kepada informan yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menarik kesimpulan bahwa 5 keluarga TKW Di Ds. Semowo Kec. Pabelan, memiliki ketahanan keluarga yang baik meski banyak kekurangan mereka dapat mengatasi persoalan-persoalan tersebut dengan menggunakan strategi yaitu pertama membangun ketahanan spiritual dalam keluarga, anggota keluarga diarahkan untuk memahami nilai ajaran agama. Kedua membangun ketahanan psikologis dengan menanamkan konsep diri positif. Ketiga membangun ketahanan ekonomi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Keempat membangun ketahanan sosial dengan membangun relasi yang baik dengan anggota keluarga maupun masyarakat.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2023 14:55
Last Modified: 09 Feb 2023 14:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15855

Actions (login required)

View Item View Item