UPAYA UNIT PENGUMPUL ZAKAT (UPZ) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN & KESADARAN BERZAKAT MAL MASYARAKAT DESA BUKIT JAYA KEC. SUNGAI LILIN KAB. MUSI BANYUASIN

martyaningsih, Dewi diah (2023) UPAYA UNIT PENGUMPUL ZAKAT (UPZ) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN & KESADARAN BERZAKAT MAL MASYARAKAT DESA BUKIT JAYA KEC. SUNGAI LILIN KAB. MUSI BANYUASIN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DEWI DIAH M (43020180084) MD S1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat 1) mengetahui upaya yang dilakukan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam meningkatkan pemahaman berzakat mal masyarakat Desa Bukit Jaya Kec. Sungai Lilin Kab. Musi banyuasin, dan 2) mengetahui upaya yang dilakukan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam meningkatkan kesadaran berzakat mal pada masyarakat Desa Bukit Jaya Kec. Sungai Lilin Kab. Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh bersumber dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bukit Jaya, muzakki dan mustahik terkait dengan pemahaman dan kesadaran berzakat mal. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) upaya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam meningkatkan pemahaman berzakat mal pada masyarakat Bukit Jaya dilakukan dengan pembahasan tentang zakat mal pada saat majlis taklim dan juga diingatkan pada saat kumpulan RT. 2) upaya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam meningkatkan kesadaran berzakat mal pada masyarakat Bukit Jaya dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara internalnya yaitu dari sisi tata pengelolaan zakatnya seperti peran adanya lembaga Unit Pengumpul Zakat (UPZ) itu sendiri. Melalui koordinasi, penentuan target mustahik. Secara externalnya dengan pengajian dan juga sosialisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2023 15:58
Last Modified: 10 Feb 2023 09:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15875

Actions (login required)

View Item View Item