EFEKTIVITAS PEMANFAATAN WHATSAPP BAGI KELANCARAN KINERJA KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DENGAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga)

Andriyani, Nova Linda (2023) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN WHATSAPP BAGI KELANCARAN KINERJA KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DENGAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga). [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriyani, Nova Linda. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Whatsapp Terhadap Kelancaran Kinerja Komunikasi Antara Dosen dengan Mahasiswa Di Massa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga). Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Unversitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, WhatsApp, Kelancaran Kinerja Komunikasi, Pandemi Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat pemanfaatan Whatsapp sebagai media komunikasi antara dosen dengan mahasiswa di masa pandemi; 2) untuk mengetahui tingkat kelancaran kinerja komunikasi antara dosen dengan mahasiswa di masa pandemi; serta 3) untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Whatsapp Bagi kelancaran kinerja komunikasi antara dosen dengan mahasaiswa di masa pandemi. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskripkif, lokasi penelitian dilakukan di Kampus 3 IAIN Salatiga pada Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2018-2019 dari 4 prodi yaitu KPI, PMI, MD, dan PI dengan jumlah populasi 1237 Mahasiswa dan nilai presisi sebesar 10% maka jumlah sampel yang di hasilkan berjumlah 92,5 dibulatkan menjadi 93 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling dan pengambilan data menggunkan angket yang disebarkan secara acak melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil dari responden mayoritas dengan kecendrungan skor “5” sangat setuju sebesar 56% dan skor “4” sebesar 30 % (Total 86%) responden cenderung setuju dengan pernyataan yang termasuk ke dalam variabel X atau pemanfaatan Whatsapp. Kemudian, 2) hasil dari responden mayoritas dengan kecendrungan skor “5” atau sangat setuju 35 % dan skor ”4” atau setuju 42 % (Total 77%) responden cenderung setuju dengan pernyataan yang termasuk ke dalam variabel Y atau Kelancaran kinerja komunikasi. 3) Terakhir pada pengujian uji F ditemukan bahwa F hitung (288,464) > F tabel (3,95) dan pada pengujian uji T ditemukan bahwa T hitung (16,984) > T tabel (1,66). Dari kedua hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi WhatsApp berpengaruh secara efektif bagi kelancaran kinerja komunikasi antara dosen dengan mahasiswa fakultas dakwah IAIN Salatiga Tahun 2018 dan 2019 di masa pandemi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2023 20:04
Last Modified: 10 Feb 2023 15:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item